Pramugari Ungkap Bahaya Meminum Kopi Saat Penerbangan

Penerbangan jarak jauh dengan menggunakan pesawat terbang kadang membuat kita lapar dan haus. Dan untuk menghilangkannya tentu kita harus memakan atau meminum sesuatu. Tetapi kadang kita tidak diperbolehkan membawa makanan.

Bahaya minum kopi di pesawat
Bahaya minum kopi di pesawat.
Alih-alih menahan lapar atau haus, tentu kita akan memesan makanan dan minuman yang biasanya disediakan oleh maskapai penerbangan. Tetapi jika Anda terbiasa melakukannya, terutama memesan dan meminum kopi maka harus waspada.

Jika Anda sering memesan kopi dalam penerbangan, maka hentikanlah mulai dari sekarang. Seorang pramugari telah mengungkapkan, bahwa air yang digunakan untuk kopi dapat mengandung bakteri E.coli berbahaya. Bagaimana bisa?

Dikutip dari Daily Mail, pramugari berinisial 'Betty,' yang mengatakan bahwa dia bekerja untuk sebuah maskapai penerbangan besar Amerika, mengungkapkan bahwa air yang digunakan untuk kopi, sama dengan air yang digunakan untuk toilet pesawat.

Petugas, yang ingin tetap anonim itu ingin menghindari kehilangan pekerjaannya, sekaligus memperingatkan penumpang: "Jangan minum kopi di pesawat terbang."

Menanggapi pertanyaan tentang hal paling kotor di pesawat terbang setelah kamar mandi, dia mengatakan kepada Vice: "Air minum yang sama dengan air yang masuk melalui sistem kamar mandi. Kami baru saja menjalani tes untuk E. coli di air kami dan tidak lolos. Tapi seseorang meloloskannya. Jadi, hindari air panas atau teh. Minuman kemasan lebih bagus."

Salah satu maskapai penerbangan, EasyJet, mengkonfirmasi kepada FEMAIL Food & Drink, bahwa air yang tersimpan di pesawat terbang digunakan untuk membuat minuman panas sekaligus menyiram toilet.

Namun seorang juru bicara menambahkan: "Sama sekali tidak ada kemungkinan kontaminasi silang karena desain pipa saluran air."

Betty bukanlah orang pertama yang menyarankan agar tidak minum kopi dalam penerbangan. Environmental Protection Agency (EPA) menemukan pada tahun 2012, bahwa ketika mereka menguji air pada maskapai penerbangan komersial, 12 persen positif terinfeksi bakteri coliform, yang menunjuk pada bakteri lain seperti E. coli ada.

Majalah Travel + Leisure juga berbicara dengan pramugari untuk American Airlines, yang mengatakan bahwa tangki air di pesawat 'mungkin hanya dibersihkan setiap enam bulan sampai satu tahun'.

Pada tahun 2016, sebuah thread di AskReddit mengungkapkan beberapa anekdot yang mengejutkan dari karyawan maskapai yang mengaku.

"Kopi benar-benar menjijikkan karena tidak ada yang mencuci wadah setiap pagi," kata salah satunya. "Agen stasiun yang dibayar terlalu sedikit tidak memberi izin untuk membersihkannya. Tentu saya tidak melakukannya saat saya bekerja," ungkap yang lain.

Ada alasan lain mengapa kopi dan teh dalam penerbangan tidak pernah terasa seenak di darat. Tekanan kabin rendah berarti air akan mendidih pada suhu 90 derajat Celcius dan bukan 100 derajat Celcius.

Foto: dailymail.co.uk

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »